Rabu, 27 Oktober 2010

Sistem Pengungkit


Tugas Biomekanika
Sistem Pengungkit

1.      Mencari contoh sistem pengungkit I, II, III juga mencari jenis otot yang berkontraksi dan bergerak pada sendi apa?

Jawab
Jenis pengungkit I
            Saat seorang atlit sepakbolaakan menendang bola kea rah gawang. Maka kaki yang akan menendang pasti melakukan gerakan kaki sedikit diangkat. Dan lutut akan sedikit ditekuk kebelakang, maka secara tidak sadar dia akan melakukan gerakan pengungkit I yang terdiri dari :

Gaya –Sumbu – Beban

Gaya    : Biceps Femoris
Sumbu : Sendi Lutut
Beban  : Tungkai Kaki, Tarrus, Matatairus,Phalanges.
Jadi gaya akan dilakukan oleh biceps femoris. Sebagai awalan melakukan tendangan adalah sendi lutut dan yang menjadi beban adalah tungkai kaki sebagai sampai dengan phalanger sebagai daerah yang akan menendang bola.
   




Jenis Pengungkit II
Saat seorang atlit bulutangkis melakukan kuda-kuda saat ia bersiap menerima bola, maka ia akan melakukan gerakan jinjit untuk menghasilkan gerakan labil agar saat ia bergerak menerima bola ia akan lebih cepat melakukan gerakan reflex. Gerak pengungkit ini terdiri dari :

Gaya – Beban – Sumbu

Gaya   : Insertio Gastrocnemius
Sumbu: Ujung Jari Kaki
Beban : Tubuh
Jadi gaya akan dilakukan oleh otot insertion gastrocnemius yang berkontraksi dan bersumbu pada ujung jari kaki untuk menumpu.

Jenis Pengungkit III
Saat seorang atlit renang berada di balok start dan akan bersiap meloncat ke lintasan kolam, maka ia akan membukukkan badan. Pengungkit yang dipakai adalah :

Sumbu – Gaya – Beban

Sumbu : Sendi Panggul
Gaya    : Vagina Musculi recti abdominis lamina anterior(otot perut)
Beban  : Tubuh bagian atas (dada, kepala, leher, tangan)
Jadi saat seorang perenang akan meloncat dan ia membukukkan badan maka pinggul dijadikan sumbu, dan gaya berada pada otot perut yaitu Vagina Musculi recti abdominis lamina anterior dan beban berada tubuh bagian atas(dada, kepala, leher,tangan)

2 komentar:

  1. thanks ratih...
    kamu malaikat penolongkuw...
    meski gak lengkap cukup buat refrensi..
    laen kali kasih analisa geraknya juga ya beserta gambarnya

    love u

    BalasHapus